Rabu, 24 Juni 2015

Biografi Kotaku,Malang

Kota Malang adalah : sebuah kota di Provinsi Jawa Timur Indonesia. Kota ini berada di dataran tinggi cukup sejuk terletak pada 90 km sebelah selatan kota Surabaya dan wilayahnya di kelilingi oleh Kabupaten Malang. Malang merupakan kota terbesar kedua di utara timur dan di kenal dengan julukan kota pelajar.

Kali ini saya akan membahas tentang budaya, makanan dan ciri khas dari kota Malang. Kenapa saya membahas kota Malang? karena daerah saya tidak memiliki budaya, makanan dan ciri khas. Yang akan saya bahas pertama adalah budaya. Budaya asli Malang adalah tari topeng dan bahasa walikan.


Tari topeng,Malang
 Tari topeng merupakan salah satu kebudayaan indonesia yang menjadi salah satu budaya kota Malang.
Biasanya dalam melakukan tari ini penari wajib memakai topeng, tari ini sering ditampilkan dalam acara HUT kota Malang. Tari ini lebih sering dilakukan secara masal dengan jumlah peserta yang banyak dan berasal dari pelajar kota malang sendiri. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan budaya kepada remaja masa kini.



Bakso Malang

Bakso merupakan salah satu makanan khas kota Malang. Makanan yang satu ini tidaklah sulit untuk kita temui di kota Malang, kita bisa menjumpainya ditempat umum maupun di bahu-bahu jalan. Makanan yang berasal dari daging sapi ini sering disebut " PENTOL " oleh warga Malang. Tak sedikit warga luar kota yang berkunjung ke Malang hanya untuk mencicip makanan ini.

Ciri khas Malang (Boso Walikan)

Dialek Malang atau biasa disebut dialek Malangan, dialek Ngalaman dan Boso Walikan (Osob Kiwalan) adalah sebuah dialek jawa yang dituturkan di Malang. Dialek ini hanya membalikkan posisi huruf pada kosakata bahasa Jawa ataupun bahasa Indonesia pada umumnya, kecuali pada konsonan rangkap, afiks, dan gabungan suku kata yang tidak memungkinkan bisa dibalik.(Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Jawa_Malang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar